Social Icons

Selasa, 27 Maret 2012

sharing

25 Februari 2009

Sharing Folder dengan Password di jaringan Workgroup Windows XP

Apabila komputer anda berada dalam suatu jaringan workgroup berbasis Windows XP, dan anda ingin melakukan sharing suatu folder tetapi hanya kepada beberapa komputer tertentu saja, maka anda bisa melakukannya dengan mengikuti petunjuk ini.

Komputer yang akan melakukan sharing folder dinamakan SERVER dan komputer yang akan mengaksesnya dinamakan CLIENT. Komputer CLIENT bisa lebih dari satu.

Di dalam Windows XP, akses dari suatu folder yang di-sharing diberikan kepada USER tertentu. Apabila USER itu diberi password, maka dengan sendirinya akan membatasi pengguna yang bisa mengakses folder yang disharing itu. Sebaliknya apabila USER itu Everyone, maka siapa saja bisa mengaksesnya.


Setting di komputer SERVER

Langkah pertama adalah menambahkan password pada user yang akan diberi akses dengan cara membuka User Account di Control Panel. Jika dirasa perlu, anda bisa menambahkan user baru.

Kemudian anda perlu mengubah setting cara sharing yang ada di Folder Option. Buka My Computer, pilih menu Tools-Folder Option. Bersihkan checklist Simple Sharing seperti gambar di bawah ini:


Kemudian pilihlah folder yang akan anda share. Klik kanan dan pilih sharing and security...

Beri nama sharingnya dan kemudian klik permissions.

Hapus Everyone dan ganti dengan user yang anda inginkan.
Cara mencari user itu dengan mengklik Add... kemudian Advanced... kemudian Find Now.


Setting di komputer CLIENT

Prinsipnya, komputer client harus menyimpan data USER yang diberi akses membuka folder.
Di komputer CLIENT, buka Control Panel kemudian klik User Account. Pilih account anda.

Klik Manage my network passwords di bagian kiri atas dari window user account.

Isikan nama komputer SERVER di kotak isian Server. Dan isikan username dengan format: username@namaserver atau namaserver\username. Username dan Password yang diisikan harus sama dengan yang terdapat di komputer SERVER.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates